Seperti Apa Bentuk & Misi Satelit CHAMP & GRACE?

Posted by indogeek on December 16, 2014

Satelit GRACE dan CHAMP adalah satelit yang digunakan untuk penelitian luar angkasa dan menghitung medan gravitasi bumi.

apa itu satelit champ adalah Gambar bentuk dan fungsi utama pada satelit CHAMP
Gambar bentuk dan fungsi utama pada satelit CHAMP
Tulisan ini menjawab pertanyaan:
Apa itu satelit CHAMP dan GRACE?
Apa misi satelit CHAMP dan GRACE?
Punya siapa satelit CHAMP dan GRACE?

CHAMP (CHAllenging Minisatellite Payload)

CHAMP (CHAllenging Minisatellite Payload) merupakan satelit kecil buatan jerman yang mempunyai misi untuk meneliti atmosfer dan untuk keperluan geosaintifik. Satelit tersebut juga digunakan untuk keperluan aplikasi-aplikasi penelitian tentang cuaca yang dikelola oleh GFZ.

Komponen-komponen dalam satelit tersebut sangat presisi, multifungsi, dan saling mendukung. Komponen-komponen yang ada dalam satelit yaitu magnetometer, accelerometer, sensor bintang, penerima GPS, laser retro reflektor, dan ion drift meter dengan karakteristik orbitnya yaitu dekat dengan kutub, dekat dengan bumi, dan durasinya panjang. CHAMP dapat mengukur kekuatan gravitasi dengan sangat tepat dan dapat mengukur medan magnet bumi selama periode lima tahun. Dengan demikian, selain dapat mengukur kondisi spasial bumi, satelit ini juga dapat membedakannya dalam kurun waktu yang lama.

gambar Satelit CHAMP ada di angkasa sedang mengorbit bumi
Satelit CHAMP ada di angkasa sedang mengorbit bumi
Dengan keberhasilan CHAMP, maka satelit tersebut bisa dibilang telah mengawali era baru dalam penelitian geospasial dan memberikan kontribusi yang sangat penting bagi perkembangan geospasial dalam beberapa dekade terakhir.

Selain dengan pengukuran okultasi radio onboard yang ada dalam pesawat ruang angkasa dan infrastruktur yang dikembangkan di tanah, CHAMP telah menjadi misi percontohan untuk penggunaan pra-operasional ruang angkasa- dengan pengamatan GPS untuk penelitian atmosfer dan ionosfer dan aplikasinya dalam prediksi cuaca dan pemantauan cuaca di bumi.

Akhir misi CHAMP yaitu pada 19 September 2010, CHAMP beroperasi selama sepuluh tahun, dua bulan dan empat hari, setelah 58.277 orbit.

GRACE (Gravity Recovery And Climat Experiment)

GRACE (Gravity Recovery And Climat Experiment) merupakan sistem satelit gravimetri hasil kerjasama antara NASA (National Aeronautics and Space Administration) dengan DLR (Deutsches Zentrum fur Luft-und Raumfahrt).  Tujuan utama dari misi GRACE ini yaitu untuk menyediakan informasi yang cukup akurat dari model gravity field bumi untuk jangka waktu proyek selama 5 tahun. Estimasi secara temporal berkala dari gravity field bumi dapat diperoleh berikut variasinya yang terjadi.

apa itu satelit grace adalah Gambar bentuk dan misi satelit grace yang ada di angkasa
Gambar bentuk dan misi satelit grace yang ada di angkasa
Tujuan lainnya (secondary mission) dari misi GRACE yaitu menyediakan informasi mengenai besaran bias ionosfer dan troposfer yang dapat memperlambat dan melengkungkan sinyal pengukuran GPS. Alat yang dipasang pada satelit GRACE untuk penyediaan informasi ini berupa Lim Sounding.  Alat ini dapat memberikan besaran TEC (Total Electron Content) dan atau refraktivitas dalam ionosfer dan troposfer.

Teknik dari GRACE ini yaitu mendeteksi perubahan Gravity filed bumi dengan cara memonitor perubahan jarak yang terjadi antara pasangan 2 satelit GRACE pada orbitnya.  Kedua satelit ini saling melaju pada track orbit dengan jarak satelit satu ke satelit kedua sekitar 220 kilometer.  Kedua satelit ini terkoneksi oleh K-band microwave link untuk menghitung perbedaan jaraknya secara pasti, dan seberapa besar perubahannya dengan akurasi lebih baik dari 1um/s.

Gambar komponen dan payload yang ada pada satelit GRACE
Gambar komponen dan payload yang ada pada satelit GRACE

Untuk melihat precise attitude dan pergerakan akibat gaya non gravitasi dari satelit, untuk itu kedua satelit dilengkapi dengan star camera dan akselerometer.  Sementara itu posisi dan kecepatan satelit ditentukan dari sistem GPS yang ikut  terpasang di kedua pasangan satelit GRACE tersebut.


Supaya Kamu bisa dapet materi lebih banyak, Admin cuman minta LIKE & SHARE website ini. Biar Admin tambah semangat gitu... :)

Written by Mr. Tom
Seperti Apa Bentuk & Misi Satelit CHAMP & GRACE?
Bahasan: Satelit GRACE dan CHAMP adalah satelit yang digunakan untuk penelitian luar angkasa dan menghitung medan gravitasi bumi. Gambar bentuk...
Published at December 16, 2014, Updated at December 16, 2014
Reviewed by Y. Surya on
Rating: 4.6

0 comments:

Post a Comment