Misteri Nilai Phi : Rumus Luas & Keliling Lingkaran

Posted by indogeek on December 26, 2014

Dalam rumus keliling lingkaran atau rumus luas lingkaran, Anda pasti tahu bahwa nilai Phi (π) adalah 3.14 atau 22/7. Pernahkah Anda berpikir darimana nilai tersebut diperoleh?

apa itu berapa nilai phi adalah Contoh penggunaan Phi dalam bola dan lingkaran
Contoh penggunaan Phi dalam bola dan lingkaran
Tulisan ini menjawab pertanyaan:
Apa itu Phi dalam Rumus Keliling Lingkaran & Rumus Luas Lingkaran?
Darimana nilai Phi didapat?
Bagaimana Asal-usul nilai Phi?

Mungkin Anda sudah tahu bahwa nilai Phi adalah 3.14 atau 22/7. Pernahkah Anda berpikir darimana nilai tersebut diperoleh? Apakah hanya tebakan atau didapat dengan coba-coba? Sebelum kita bahas, mari kita tilik sedikit tentang sejarah Phi dari masa ke masa. Walau tidak terlalu menarik, tapi fenomena tentang nilai phi(π) cukup menarik. Bilangan ini merupakan salah satu bilangan konstanta, artinya, bilangan Phi ini nilainya tetap dan tidak pernah berubah baik dalam perhitungan pada rumus-rumus dalam matematika atau fisika.

Lambang π berasal dari yunani, bilangan phi digunakan untuk seluruh rumus perhitungan yang melibatkan bangun berbentuk lingkaran (dua dimensi), atau yang tiga dimensi seperti bola dan kerucut. Untuk mempermudah proses perhitungan, biasanya nilai π dinyatakan sebagai angka 22/7 atau 3,14 namun ternyata bilangan Phi π tidak sesederhana itu, π merupakan perbandingan lingkaran dengan diameter lingkaran. Asal-muasal nilai phi pada rumus-rumus lingkaran bisa dilihat pada gambar berikut.
Animasi lingkaran untuk memperoleh nilai Phi - rumus keliling & luas lingkaran
Animasi lingkaran untuk memperoleh nilai Phi
Lebih lanjut lagi, dilihat dari latar belakang sejarahnya, symbol π ini awal mulanya diusulkan oleh Wels Wiliam Jones pada tahun 1706, beliau adalah seorang matematikawan. Nilai Phi pada awalnya yaitu 3,14159 dalam angka desimal biasa. Pada awalnya, para ilmuwan telah menggunakan cara yang berbeda dalam menghitung rumus-rumus lingkaran. Misalnya orang mesir, pada tahun 1650 SM, mereka sudah bisa menghitung luas lingkaran dengan menggunakan rumus yang menggunakan nilai 3,1605.

Sedangkan matematikawan lainnya dari Cina, Zu Chongzhi (429-501), beliau adalah matematikawan sekaligus astronom yang sudah bisa menghitung nilai perbandingan keliling lingkaran dengan diameter dengan nilai 355/113. Bahkan hingga beberapa tahun terakhir ini, beberapa ilmuwan matematika lebih tertantang untuk menemukan nilai π yang lebih presisi. Misalkan pada 1999, Yasumasa Kanada dan timnya di University of Tokyo berusaha untuk menghitung nilai pendekatan π dengan lebih dari 200 miliar angka desimal menggunakan super komputer HITACHI SR8000/MPP.

Kemudian pada Agustus 2009, Daisuke Takahashi juga menggunakan super komputer T2K Open untuk menghitung nilai phi. Setelah menghitung selama 73 jam 36 menit, super komputer tersebut berhasil menghitung bilangan π dalam 2.576.980.377.524 angka desimal. Apakah Anda ingin ikut menghitung nilai Phi juga? :D


Supaya Kamu bisa dapet materi lebih banyak, Admin cuman minta LIKE & SHARE website ini. Biar Admin tambah semangat gitu... :)

Written by Mr. Tom
Misteri Nilai Phi : Rumus Luas & Keliling Lingkaran
Bahasan: Dalam rumus keliling lingkaran atau rumus luas lingkaran , Anda pasti tahu bahwa nilai Phi (π) adalah 3.14 atau 22/7. Pernahkah Anda ber...
Published at December 26, 2014, Updated at December 26, 2014
Reviewed by Y. Surya on
Rating: 4.6

0 comments:

Post a Comment