Macam-Macam Energi Kinetik, Potensial, & Nuklir

Posted by indogeek on December 27, 2014

Energi Kinetik adalah energi yang memiliki massa dan kecepatan. Dengan kata lain, Energi Kinetik disebut juga sebagai Energi Gerak.

apa itu Gambar energi kinetik dan potensial ketika sepeda diatas
Gambar energi kinetik dan potensial
Tulisan ini menjawab pertanyaan:
Apa itu energi kinetik, Listrik, Potensial, DLL?
Apa yang dimaksud dengan energi kinetik, Nuklir, Cahaya, DLL?
Apa saja contoh dari energi kinetik, bunyi dll? 

1. ENERGI KINETIK (ENERGI GERAK)

Energi Kinetik adalah energi yang memiliki massa dan kecepatan. Dengan kata lain, Energi Kinetik disebut juga sebagai Energi Gerak. Mengapa energi kinetik disebut juga dengan energi gerak? Karena semua benda yang bergerak itu pasti memiliki energi kinetik. Misalnya, kereta api yang bergerak, mobil yang bergerak, batu yang dilontarkan dengan ketapel, batu yang dilemparkan, bola yang ditendang, para pemain sepak bola yang berlaru, pesawat terbang yang bergerak dan sebagainya. Jadi setiap benda yang bergerak pasti memiliki energi kinetik.

2. ENERGI POTENSIAL

Contoh energi kinetik pada bagian pertama adalah batu yang dilemparkan oleh ketapel atau bola yang ditendang oleh manusia. Ketika manusia menendang bola, yang terlempar adalah bolanya, sedangkan manusianya tetap diam. Dalam hal ini, manusia memiliki ENERGI POTENSIAL. Begitu juga dengan karet pada ketapel, karet pada ketapel tidak ikut terlempar karena adanya energi atau gaya potensial. Energi potensial pada karet ketapel disebabkan karena adanya gaya potensial pegas. Sedangkan manusia tidak ikut terlempar karena manusia dipengaruhi oleh gaya potensial yang yang disebabkan karena gravitasi bumi. Dengan demikian, energi potensial berlawanan dengan energi kinetik. Energi kinetik adalah energi yang menyebabkan benda untuk terus bergerak, sedangkan energi potensial adalah energi yang membuat benda agar tidak tidak bergerak (diam).

3. ENERGI PANAS (ENERGI KALOR)

Energi Kalor (Panas) merupakan energi yang dapat dirasakan dalam bentuk panas. Energi Panas disebut juga dengan Energi Kalor. Energi kalor umumnya dari matahari, api, dan benda-benda lain yang dapat memancarkan panas. Energi panas dengan mudah merambat pada bahan yang disebut dengan konduktor. Contoh konduktor yang baik adalah logam, seperti sendok, besi, atau logam lainnya.

4. ENERGI KIMIA

Energi Kimia adalah energi yang muncul karena adanya reaksi Kimia. Misalnya, Energi Kimia pada bahan bakar kendaraan seperti bensin, solar, minyak tanah, atau gas elpiji. Energi kimia digunakan untuk menggerakkan kendaraan. Akan tetapi, energi kimia tersebut berubah menjadi energi panas karena proses pembakaran. Untuk contoh lainnya, kita juga bisa memmperhatikan energi kimia yang terjadi dalam tubuh kita. Energi dalam tubuh kita (yang membuat kita bisa berjalan, berlalu, berbica, dan beraktifitas) itu berasal dari hasil pembakaran sari-sari makanan yang kita makan. Apabila energi dalam tubuh kita habis, maka badan kita akan menjadi lemas dan kita akan merasa lapar.

5. ENERGI LISTRIK 

Energi Listrik adalah energi yang disebabkan karena adanya aliran arus listrik. Energi listrik merupakan energi yang paling banyak manfaatnya dalam kehidupan kita, misalnya untuk menyalakan lampu, memompa air, menghidupkan mesin, menyalakan mesin di pabrik, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Energi listrik didapat dari banyak sumber, misalnya dari batu bateri yang berupa sel kering, aki, atau dari energi matahari yang dikonversi menjadi energi listrik dengan solar cell. Selain banyak dimanfaatkan untuk penerangan, energi listrik juga sebagai penggerak peralatan teknologi yang ada di sekitar kita. Energi listrik biasanya dikonversi dari energi kinetik, energi cahaya, energi kimia, atau energi panas.

Contoh ilustrasi perubahan energi dan perbedaanya
Contoh ilustrasi perubahan energi dan perbedaanya

6. ENERGI BUNYI (SUARA)

Energi Bunyi adalah energi yang disebabkan oleh benda yang bergetar dan menyebabkan udara ikut bergetar. Walaupun terbilang sangat jarang dimanfaatkan, apabila energi bunyi terlalu besar, maka dapat menyebabkan kerusakan juga. Misalnya, suara halilintar dan guntur dapat memekakkan telinga, menggetarkan kaca atau bahkan membuat kaca jadi pecah. Begitu juga dengan suara pesawat terbang. Sampai saat ini, belum ada energi listrik yang dikonversi dari energi bunyi.

7. ENERGI CAHAYA

Cahaya merupakan gelombang elektromagnetik yang memiliki energi tertentu. Energi cahaya dapat dimanfaatkan untuk membuat energi listrik atau energi panas. Dalam teknologi terbaru, selain cahaya digunakan sebagai laser untuk memotong material logam, cahaya juga digunakan sebagai media pengiriman data dalam jaringan komputer melalui kabel optik yang disebut dengan serat optik. Selain ini, saat ini sedang dikembangkan media penyimpanan komputer dengan menggunakan cahaya.

8. ENERGI NUKLIR 

Energi Nuklir adalah energi yang dihasilkan dari peleburan inti atom. Walaupun masih pro dan kontra masalah pemanfaatan energi nuklir, akan tetapi beberapa negara terus mempelajari dan mengembangkan teknologi nuklir untuk dimanfaatkan sebagai sumber energi pengganti bahan fosil. Catatan detail tentang energi nuklir, cara kerja, dan bentuk desain mesinnya bisa dibaca pada tulisan lain di blog ini.


Supaya Kamu bisa dapet materi lebih banyak, Admin cuman minta LIKE & SHARE website ini. Biar Admin tambah semangat gitu... :)

Written by Mr. Tom
Macam-Macam Energi Kinetik, Potensial, & Nuklir
Bahasan: Energi Kinetik  adalah energi yang memiliki massa dan kecepatan. Dengan kata lain,  Energi Kinetik  disebut juga sebagai Energi Gerak. ...
Published at December 27, 2014, Updated at December 27, 2014
Reviewed by Y. Surya on
Rating: 4.6

2 comments: