Apa Pengertian, Manfaat, & Bahaya Radiasi?

Posted by indogeek on November 27, 2014

Radiasi matahari adalah spektrum cahaya keseluruhan yang dipancarkan oleh matahari, termasuk cahaya tampak dan seluruh jenis frekuensi pada spektrum elektromagnetik.
apa itu pengertian manfaat bahaya radiasi adalah Radiasi matahari dipancarkan ke permuakaan bumi, bumi menyerap dan memantulkannya
Radiasi matahari dipancarkan ke permuakaan bumi, bumi menyerap dan memantulkannya
Tulisan ini akan menjawab pertanyaan:
Apa itu radiasi?
Apa pengertian dari radiasi?
Apa yang dimaksud radiasi dan apa bahayanya?
Apa manfaat radiasi?
Ada di manakah radiasi itu?

Radiasi matahari merupakan spektrum cahaya keseluruhan yang dipancarkan oleh matahari, termasuk cahaya tampak dan seluruh jenis frekuensi pada spektrum elektromagnetik. Dibandingkan dengan sumber energi yang ada di Bumi, matahari juga memancarkan energi ke ruang angkasa. Jenis radiasi yang dilepaskan oleh matahari mempunyai suhu tinggi, yang disebabkan oleh fusi nuklir di dalam inti matahari. Radiasi matahari dipelajari oleh para ilmuwan untuk mengetahui bagaimana pengaruhnya terhadap fenomena-fenomena di bumi, seperti cuaca dan ilmu astronomi.

Matahari terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu. Gravitasi menyebabkan sejumlah besar materi, terutama hidrogen, untuk berkumpul dan menjadi padat; tekanan yang sangat tinggi pada kumpulan materi tersebut akhirnya menjadi inti matahari. Tekanan di inti matahari sangat kuat sehingga atom hidrogen mulai mengalami fusi yang akhirnya banyak sekali melepaskan panas. Akibat fusi inilah matahari menjadi panas dan memancarkan radiasi.

Panacaran radiasi ke bumi ditahan oleh atmosfer bumi
Panacaran radiasi ke bumi ditahan oleh atmosfer bumi
Hanya sedikit saja radiasi matahari yang sampai bumi; karena pancarannya ke segala penjuru di angkasa. Bahkan energi yang ada di angkasa dan tidak mencapai bumi tersebut ukurannya lebih banyak jika dibandingkan dengan energi dari fosir yang ada di bumi. Rata-rata energi yang terpakai oleh manusia pada tahun 2008 adalah sekitar 1,5 x 1013 watt. Sebagai perbandingan, rata-rata energi radiasi matahari yang mencapai bumi lebih dari 10.000 kali lebih besar dari pada energi yang terpakai oleh manusia.

Ada cara tersendiri untuk mengukur cahaya matahari. Salah satu alat yang digunakan untuk mengukur sinar matahari yaitu pyranometer. Pirheliometer merupkaan alat yang bisa dihadapkan langsung ke matahari untuk pengukuran radiasi. Radiasi matahari diukur dalam jumlah yang disebut irradian, yang memiliki satuan standar watt per meter persegi. Radiasi matahari yang sampai ke bumi rata-rata sekitar 1.366 watt per meter persegi.

Irradan, alat untuk mengukur tingkat radiasi matahari
Irradan, alat untuk mengukur tingkat radiasi matahari
Pengukuran radiasi matahari cenderung tidak tetap dari waktu ke waktu. Hal tersebut disebabkan karena orbit Bumi tidak benar-benar bulat, dan pengamat yang ada di Bumi jaraknya selalu berubah terhadap matahari. Variasi aktual dalam pengukuran radiasi matahari juga menimbulkan pengukuran yang berbeda-beda, tetapi jumlah ini biasanya kecil. Dalam siklus 11 tahun, fluktuasi radiasi matahari berubah sebesar 0,1%.


Supaya Kamu bisa dapet materi lebih banyak, Admin cuman minta LIKE & SHARE website ini. Biar Admin tambah semangat gitu... :)

Written by Mr. Tom
Apa Pengertian, Manfaat, & Bahaya Radiasi?
Bahasan: Radiasi matahari adalah spektrum cahaya keseluruhan yang dipancarkan oleh matahari, termasuk cahaya tampak dan seluruh jenis frekuensi p...
Published at November 27, 2014, Updated at November 27, 2014
Reviewed by Y. Surya on
Rating: 4.6

0 comments:

Post a Comment