Apa Pengertian & Manfaat Kalsium Klorida?

Posted by indogeek on November 27, 2014

Kalsium klorida adalah padatan yang mampu menyerap banyak cairan. Beberapa fungsi kalsium klorida yaitu untuk mencairkan es / salju dan untuk pengawet.
apa pengertian dan manfaat adalah Bubuk kalsium klorida
Bubuk kalsium klorida
Tulisan ini akan menjawab pertanyaan:
Apa itu kalsium klorida?
Apa yang dimaksud dengan kalsium klorida?
Apa manfaat dan pengertian dari kalsium klorida?

Salah satu dari berbagai bentuk garam, kalsium klorida adalah padatan yang mampu menyerap banyak cairan. Ada banyak manfaat yang beragam dari berbagai jenis garam. Umumnya garam dapat digunakan untuk mencairkan es dari jalan raya atau mengawetkan makanan. Selain bermanfaat, mengkonsumsi zat ini dalam jumlah besar dapat menyebabkan gastronomis.

Banyak cara untuk menghasilkan kalsium klorida. Salah satunya yaitu dengan cara mengekstrak garam dari batu kapur. Saat ini banyak produk yang dibuat sebagai produk sampingan dari batu kapur. Batu kapur dapat digunakan dalam berbagai kebutuhan yang sama seperti natrium klorida, yang umumnya dikenal sebagai garam.

Kemampuan kalsium klorida dalam menyerap banyak cairan menjadikannya sebagai bahan berkualitas yang serbaguna. Misalnya, kalsium klorida lebih efisien daripada garam dapur ketika digunakan untuk mencairkan es di jalan, trotoar, jalan raya atau membuat hujan buatan, terutama jika pada suhu yang lebih rendah. Akan tetapi, garam jenis ini (kalsium klorida) lebih berbahaya daripada garam dapur sehingga penggunaan garam ini dikurangi.

Kalsium klorida digunakan untuk mencairkan es dan salju di jalan raya
Kalsium klorida digunakan untuk mencairkan es dan salju di jalan raya
Banyak kolam yang menggunakan produk yang mengandung kalsium klorida, terutama di daerah yang memiliki kandungan kalsium klorida yang sedikit dalam air. Penggunaan produk ini membantu untuk meningkatkan kandungan kalsium dari air, yang pada gilirannya meminimalkan potensi korosi pada pompa dan bor. Produk ini juga memperlambat korosi pada berbagai jenis peralatan kolam renang, dan setiap alat kelengkapan kolam renang yang berbahan dasar logam.

Kalsium klorida juga dimanfaatkan untuk beberapa hal, misalnya untuk membantu meminimalkan jumlah debu yang beterbangan karena kepadatan kendaraan. Kalsium klorida juga dapat digunakan untuk mengeringkan rumput laut, sehingga membantu dalam produksi soda abu yang dapat digunakan sebagai bahan dasar dalam berbagai jenis produk plastik.

gambar Struktur atom kalsium klorida
Struktur atom kalsium klorida
Kalsium klorida juga bisa digunakan untuk mengawetkan, sehingga kalsium klorida juga berguna untuk pengawetan makanan dan penyimpanan. Kalsium klorida juga bisa digunakan sebagai elektrolit dalam berbagai jenis minuman olahraga, dan memberikan rasa asin untuk mengimbangi rasa manis pada makanan. Untuk buah dan sayuran kaleng, penggunaan kalsium klorida membantu makanan agar tetap segar bahkan ketika dikemas dalam cairan. Banyak penjual makanan menggunakan jenis garam ini untuk menambah rasa asin tanpa menghabiskan garam dalam jumlah yang banyak.


Supaya Kamu bisa dapet materi lebih banyak, Admin cuman minta LIKE & SHARE website ini. Biar Admin tambah semangat gitu... :)

Written by Mr. Tom
Apa Pengertian & Manfaat Kalsium Klorida?
Bahasan: Kalsium klorida adalah padatan yang mampu menyerap banyak cairan. Beberapa fungsi kalsium klorida yaitu untuk mencairkan es / salju dan un...
Published at November 27, 2014, Updated at November 27, 2014
Reviewed by Y. Surya on
Rating: 4.6

0 comments:

Post a Comment