Apa Pengertian, Manfaat, & Bahaya Energi Nuklir?

Posted by indogeek on October 31, 2014

Energi nuklir adalah energi yang dihasilkan oleh reaksi nuklir. Energi nuklir dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga nuklir untuk menghasilkan listrik baik untuk penggunaan sipil dan militer.
apa itu pengertian energi nuklir adalah Lambang adanya limbah radioaktif yang merupakan hasil dari reaksi nuklir
Lambang adanya unsur radioaktif untuk pembangkitan tenaga nuklir
Tulisan ini akan menjawab pertanyaan:
Apa itu energi nuklir?
Apa yang dimaksud dengan energi nuklir?
Bagaimana energi nuklir diciptakan?
Apa manfaat dan bahaya dari energi nuklir?

Energi nuklir adalah energi yang dihasilkan oleh reaksi nuklir yang terkendali. Banyak negara menggunakan pembangkit listrik tenaga nuklir untuk menghasilkan listrik baik untuk penggunaan sipil dan militer, dan beberapa negara juga menggunakan jenis energi ini untuk menjalankan bagian dari armada angkatan laut mereka, terutama kapal selam. Beberapa pengamat mendukung pengembangan pembangkit listrik tenaga nuklir karena bentuk energi dianggap lebih bersih daripada bahan bakar fosil seperti batu bara, meskipun penggunaan energi nuklir memiliki kekurangan yang harus diatasi, termasuk bagaimana mengamankan limbah radioaktif yang berbahaya.

Pembangkitan tenaga nuklir dimulai dari pertambangan dan pengolahan uranium dan unsur radioaktif lainnya. Unsur-unsur ini digunakan untuk memberi asupan pada reaktor pembangkit listrik, menghasilkan reaksi yang dikenal sebagai fisi yang menghasilkan panas yang hebat, lalu mengubah air di pabrik menjadi uap. Selanjutnya kekuatan uap menggerakkan turbin uap yang akan menghasilkan listrik dan memasok listrik ke jaringan listrik.

Bahan baku energi nuklir merupakan unsur radioaktif
Bahan baku energi nuklir merupakan unsur radioaktif
Ketika energi nuklir digunakan sebagai sumber energi seperti kapal selam, reaktor menjalankan mesin, dengan uap yang langsung menjalankan mesin. Dalam pembangkit listrik atau kapal selam yang menggunakan nuklir, maka reaktor nuklir harus diawasi dengan hati-hati, sebab kebocoran pada reaksi nuklir akan berakibat fatal dan berbahaya. Banyak pembangkit listrik tenaga nuklir yang memiliki sistem otomatis yang secara umum akan membantu untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi dan melakukan tugas-tugas lain yang membuat tanaman lebih aman dan bersih.

Salah satu manfaat dari energi nuklir yaitu tidak adanya gas buang yang menyebabkan efek rumah kaca. Akan tetapi energi ini akan menghasilkan limbah yang berbahaya yaitu limbah radio aktif. Bahan bakar nuklir ber-radioaktif dan sangat berbahaya membutuhkan infrastruktur yang cukup besar untuk mengamankan pembangkit listrik ini. Sayangnya, beberapa negara tidak memiliki langkah-langkah yang memadai untuk menangani bahan bakar yang langsung habis, tapi tidak memikirkan solusi bagaimana kondisi setelah 10 atau 20 tahun ke depan tentang penyimpanan dan pembuangan limbah dari nuklir ini.

Contoh bangunan pembangkit tenaga nuklir
Contoh bangunan pembangkit tenaga nuklir
Penambangan dan pemurnian unsur-unsur radioaktif yang digunakan dalam pembangkit listrik tenaga nuklir juga tidak terjamin murni. Apalagi dalam pengirimannya bahan-bahan ini juga membutuhkan proses pengiriman yang aman, sehingga juga akan menambah biaya produksi secara signifikan. Beberapa negara kini menahan diri untuk tidak melakukan pengembangan dalam teknologi nuklir karena beberapa masalah masih menjadi perdebatan di dunia.


Supaya Kamu bisa dapet materi lebih banyak, Admin cuman minta LIKE & SHARE website ini. Biar Admin tambah semangat gitu... :)

Written by Mr. Tom
Apa Pengertian, Manfaat, & Bahaya Energi Nuklir?
Bahasan: Energi nuklir adalah energi yang dihasilkan oleh reaksi nuklir. Energi nuklir dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga nuklir untuk ...
Published at October 31, 2014, Updated at October 31, 2014
Reviewed by Y. Surya on
Rating: 4.6

0 comments:

Post a Comment