Pengertian, Fungsi, & Cara Kerja Mikroskop Flouresensi

Posted by indogeek on November 28, 2014

Mikroskop Fluoresensi adalah mikroskop yang digunakan untuk memeriksa spesimen dengan sifat luminescent, atau spesimen yang telah disiapkan dengan zat yang membuat sifat luminescent. 
apa itu pengertian mikroskop floresensis adalah Gambar Mikroskop Flouresensis dan laptop (komputer)
Gambar Mikroskop Flouresensi dan laptop (komputer)
Tulisan ini menjawab pertanyaan:
Apa itu mikroskop flouresensi?
Bagaimana cara kerja mikroskop flouresensi?
Apa yang dimaksud dengan mikroskop flouresensi?
Apa bedanya mikroskop floresensi dengan mikroskop biasa?

Mikroskop Fluoresensi merupakan mikroskop yang digunakan untuk memeriksa spesimen dengan sifat luminescent, atau spesimen yang telah disiapkan dengan zat yang membuat sifat luminescent. Dengan mikroskop ini, spesimen itu sendiri yang akan menjadi sumber cahaya. Banyak informasi dapat dikumpulkan dengan menggunakan mikroskop fluoresensi ini. Mikroskop flouresensi juga dapat digunakan untuk membuat gambar yang sangat jelas pada struktur yang sangat detail.

Mikroskop ini memanfaatkan sifat-sifat senyawa kimia tertentu. Ketika mendapatkan sumber cahaya dengan panjang gelombang yang tepat, maka bahan kimia ini akan menyala seperti sinar ultraviolet. Jika kilatan cahayanya singkat, maka disebut sebagai fluoresensi, sedangkan periode cahayanya lebih lama, maka disebut fosforesensi. Antara flouresensi dan fosforesensi, warna cahaya berbeda, tergantung pada bahan kimia yang digunakan.

Gambar mikroskp flouresensi tampak dari samping
Gambar mikroskp flouresensi tampak dari samping
Contoh gambar dari bakteri yang dilihat dengan mikroskop flouresensis
Contoh gambar dari bakteri yang dilihat dengan mikroskop flouresensi
Dalam mikroskop fluoresensi, cahaya dengan panjang gelombang tertentu dilewatkan melalui kondensor mikroskop khusus yang memfokuskan cahaya menjadi sinar yang sangat kecil. Ketika cahaya mengenai spesimen, senyawa luminescent menjadi berekasi dan mulai memancarkan cahaya. Cermin dichroic digunakan untuk memfilter cahaya yang digunakan untuk merangsang spesimen. Sehingga peneliti dapat melihat dengan jelas luminescence dan membuat catatan tentang sifat-sifatnya, atau mengambil foto dari spesimen di mikroskop untuk referensi di masa mendatang.

Karena cahaya yang digunakan dalam mikroskop fluoresensi berbahaya untuk mata, maka penggunaannya harus difilter menggunakan filter polarisasi sehingga cahayanya tidak merusak mata pengguna. Filter polarisasi juga dapat digunakan untuk meperbaiki warna atau untuk meningkatkan kontras, sehingga pendaran lebih jelas terlihat. Seperti mikroskop lainnya, ketajaman gambar dapat disesuaikan dengan memfokuskan komponen mikroskop, dan tingkat pembesaran juga dapat dinaikkan atau diturunkan sesuai kebutuhan.

Dalam beberapa kasus, spesimen mungkin secara alami bisa bercahaya, seperti dalam kasus beberapa mineral yang akan berpendar atau mengalami fosforesensi dengan panjang gelombang cahaya tertentu. Bisa juga ada spesimen yang termasuk ke dalam jenis bermolekul fluorophores. Molekul-molekul ini dapat membentuk struktur tertentu dalam spesimen, menciptakan citra neon dengan struktur tertentu ketika spesimen bereaksi karena cahaya mikroskop.

Contoh skema dari mikroskop flouresensis
Contoh skema dari mikroskop flouresensi
Sebagian besar mikroskop floresensi memiliki harga jual yang tinggi, terutama dalam hal mikroskop berkualitas tinggi. Namun, umumnya jenis mikroskop ini hanya tersedia di laboratorium yang mempunyai fasilitas lengkap dan berkualitas.


Supaya Kamu bisa dapet materi lebih banyak, Admin cuman minta LIKE & SHARE website ini. Biar Admin tambah semangat gitu... :)

Written by Mr. Tom
Pengertian, Fungsi, & Cara Kerja Mikroskop Flouresensi
Bahasan: Mikroskop Fluoresensi adalah mikroskop yang digunakan untuk memeriksa spesimen dengan sifat luminescent, atau spesimen yang telah disiapk...
Published at November 28, 2014, Updated at November 28, 2014
Reviewed by Y. Surya on
Rating: 4.6

0 comments:

Post a Comment