Apa Perbedaan Nanosains & Nanoteknologi?

Posted by indogeek on December 02, 2014

Nanosains mengacu pada studi tentang benda-benda yang sangat kecil dalam ukuran nanometer. Sedangkan Nanoteknologi adalah rekayasa teknologi yang mengimplementasikan temuan-temuan dari nanosains.
apa itu pengertian nanosains nanoteknologi Perbandingan material berukuran nano dengan sel darah manusia
Perbandingan material berukuran nano dengan sel darah manusia
Tulisan ini menjawab pertanyaan:
Apa itu nanosains dan nanoteknologi?
Apa perbedaan antara nanosains dan nanoteknologi?
Apa saja implementasi dari nanosains dan nanoteknologi?

Awalan kata 'nano' berasal dari bahasa Yunani nano, yang artinya 'kerdil'. Satu nanometer sama dengan satu seper satu miliar meter. Istilah nanoteknologi dan nanosains merupakan istilah yang saling terkait, namun kadang membingungkan apa sebenarnya yang membedakan keduanya. Nanosains khusus mengacu pada studi tentang benda-benda yang sangat kecil dan berada di kisaran sepuluh sampai ratusan nanometer. Sedangkan Nanoteknologi merupakan penerapan atau aplikasi dari teknologi untuk membuat bahan atau benda berukuran nanometer yang diterapkan pada teknologi yang sudah ada dengan harapan mendapatkan hasil yang lebih baik daripada menggunakan teknologi atau bahan yang ukurannya lebih besar.

Skala nano (nanoscale) merupakan skala yang digunakan pada hal-hal yang dipelajari atau digunakan dalam materi yang berkaitan dengan nanoteknologi dan nanosains. Untuk mempelajari benda-benda yang ukurannya sangat kecil (berukuran), maka kita tidak bisa menggunakan mata telanjang. Oleh sebab itu, dibutuhkan teknologi tambahan. Mungkin agak sulit dibayangkan betapa kecilnya benda yang berukuran nanometer. Banyangkan saja, pada umumnya, ketebalan sehelai kertas yaitu 0.009906 cm, ukuran tersebut sekitar 100.000 nanometer. Lalu sekecil apa 1 nanometer itu? :D

Rekayasa jaringan berukuran nanometer untuk mendapatkan hasil yang optimal
Rekayasa jaringan berukuran nanometer untuk mendapatkan hasil yang optimal
Ketika benda diubah ke dalam bentuk nano, maka warna dan sifat-sifat dari benda tersebut tentuk akan juga berubah. Dalam hal ini, nanosains berperan dalam proses perubahan sifat-sifat benda-benda tersebut. Perlu diketahui bahwa nanoteknologi dan nanosains adalah bidang interdisipliner yang menggabungkan fisika, kimia, dan biologi.

Perguruan Tinggi, perusahaan, dan pemerintah yang mempelajari bidang ini beranggapan bahwa aplikasi atau penerapan dari sistem nano dapat mengubah berbagai aspek kehidupan. Hal ini diyakini bahwa kehidupan manusia akan semakin simpel dan canggih. Sehingga banyak Perguruan Tinggi di luar negeri yang menawarkan gelar sarjana dalam bidang nanosains.

Sebenarnya manusia telah sadar bahwa mereka menggunakan nanoteknologi dan nanosains sejak ratusan tahun lalu. Misalnya, pembuatan pedang baja bisa dikatakan contoh menerapkan teknologi nano. Baja adalah campuran dari beberapa logam yang dimodifikasi pada level atomnya melalui peleburan.

Robot berukuran mikro yang dibuat dengan material dalam tingkat nano
Robot berukuran mikro yang dibuat dengan material dalam tingkat nano
Hal ini diyakini bahwa, dengan mengeksplorasi nanosains, berbagai temuan dapat diterapkan dalam nanoteknologi untuk membuat bahan-bahan yang lebih kuat, lebih tahan lama, dan lebih ringan. Dengan demikian, bahan-bahan baru tersebut akan menghasilkan lebih sedikit limbah dan konsumsi enegi yang lebih sedikit. Misalnya, pelapisan bahan logam dapat digunakan untuk finishing dan membuat logam lebih tahan terhadap korosi.

Kemajuan dalam nanoteknologi dan nanosains bisa menghasilkan metode yang lebih efektif. Misalnya, meminimalisir efek samping dari obat, metode baru untuk memurnikan udara, atau metode baru dalam memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.
Nanosains juga sangat bermanfaat untuk penyimpanan dan pengawetan makanan. Misalnya, lapisan berukuran nano yang dibuat dengan tanah liat yang diletakkan dalam plastik dapat membuat kondisi kedap udara sehingga makanan akan lebih awet. Contoh lain lagi, partikel perak berukuran nano yang dicampurkan dalam pembuatan plastik akan menghambat pertumbuhan bakteri dalam wadah penyimpanan.


Supaya Kamu bisa dapet materi lebih banyak, Admin cuman minta LIKE & SHARE website ini. Biar Admin tambah semangat gitu... :)

Written by Mr. Tom
Apa Perbedaan Nanosains & Nanoteknologi?
Bahasan: Nanosains mengacu pada studi tentang benda-benda yang sangat kecil dalam ukuran nanometer. Sedangkan Nanoteknologi adalah rekayasa teknolo...
Published at December 02, 2014, Updated at December 02, 2014
Reviewed by Y. Surya on
Rating: 4.6

0 comments:

Post a Comment