Tahukah Anda, APA ITU GADGET?

Posted by indogeek on August 13, 2015

Ulasan ini membahas tentang apa itu gadget, pengertian gadget, dan istilah yang berhubungan dengan gadget. Meskipun gadget adalah barang-barang elektronik akan tak terpisahkan dengan kehidupan kita sehari-hari, tapi tidak semua orang tahu apa sebenarnya pengertian gadget itu. Apasih yang disebut gadget?

Tahukah Anda, APA ITU GADGET? Pengertian Gadget

Kami yakin Anda pasti sering menggunakan istilah gadget? Apakah Anda mengetahui apa pengertian gadget itu sendiri? Pengertian gadget tidak selalu seputar mobile handset (handphone, smartphone, tablet PC) saja, tetapi memiliki ruang lingkup yang luas. Berikut paparan mengenai istilah gadget dari sejarah hingga aplikasi-aplikasi gadget yang sering kita jumpai walau jarang kita sadari.

Pengertian Gadget pada Abad 19 - 20 Awal

Kata "gadget" pertama kali muncul pada abad ke 19 silam. Menurut Kamus Inggris Oxford, ada bukti anekdotal untuk penggunaan gadget sebagai nama tempat untuk menyimpan item teknis yang mana orang tidak dapat mengingat nama sebenarnya, hal ini berlangsung sejak tahun 1850-an. Misalnya, pada buku Robert Brown, Spunyarn and Spindrift pada tahun 1886 menyebutkan seorang pelaut pulang dengan membawa clipper teh Cina yang pertama kali dibuat dan digunakan lalu menyebutnya gadget.

Secara etimologi, kata gadget sudah lama diperdebatkan. Cerita yang beredar luas menyatakan bahwa kata gadget diciptakan ketika Gaget, Gauthier & Cie, yaitu perusahaan di balik penundaan dari pembangunan Patung Liberty (1886), membuat versi kecil dari monumen tersebut dan menamakannya setelah perusahaan mereka. Akan tetapi hal ini bertentangan dengan bukti bahwa kata itu sudah digunakan sebelumnya di kalangan kelautan. Hal tersebut juga menjadi fakta bahwa kata itu belum populer di Amerika Serikat hingga Perang Dunia I berakhir.

Sedangkan sumber lain menyebutkan bahwa kata gadget merupakan penurunan dari gchette bahasa Perancis dari alat pemicu yang diterapkan pada berbagai mekanisme alat tembak, atau gage yang dalam bahasa Perancis berarti alat kecil atau aksesoris.

Istilah gadget yang digunakan dalam militer berbeda jauh dengan pengertian gadget pada bidang kelautan. Dalam buku Above the Battle tulisan Vivian Drake, yang diterbitkan pada tahun 1918 oleh D. Appleton & Co, New York dan London yang menjadi memoar seorang pilot di British Royal Flying Corps terdapat kutipan sebagai berikut: "perasaan bosan kami kadang-kadang hilang dengan gadget baru. "Gadget" adalah istilah slang Flying Corps untuk penemuan baru! Beberapa gadget baik, beberapa menghibur, dan beberapa sangat luar biasa."

Pengertian Gadget Pada Abad 20 Paruh Kedua

Seiring dengan perkembangan teknologi, pada paruh kedua abad 20 istilah gadget diambil sebagai konotasi dari compactness and mobility. Dalam esai 1965 The Great Gizmo (istilah yang digunakan bergantian dengan gadget di seluruh esai), kritikus arsitektur dan desain Reyner Banham mendefinisikan pengertian gadget yang diterjemahkan secara bebas sebagai berikut:

Kelas keunikan produk AS (mungkin yang paling unik) adalah unit berukuran kecil dengan kinerja tinggi dengan ukuran dan biaya yang minimal. Alat ini berfungsi untuk mengubah keadaan yang sebelumnya menjadi keadaan yang lebih sesuai dengan kebutuhan manusia. Untuk mengoperasikannya dibutuhkan sedikit keterampilan serta tidak tergantung pada infrastruktur fisik atau infrastruktur sosial diluar alat tersebut. Artinya, alat ini bersifat independen (misal sumber listrik) dan bisa dibawa kemana-mana.

Contoh Gadget - Pengertian gadget adalah..


Perkembangan Teknologi Gadget

Dalam teknologi dan industri software, gadget mengacu pada program komputer yang menyediakan layanan tanpa memerlukan sebuah aplikasi independen yang akan diluncurkan secara terpisah, melainkan berjalan di lingkungan yang mengelola beberapa gadget. Terdapat beberapa implementasi berdasarkan teknik pengembangan software yang ada, seperti JavaScript, form input dan berbagai format gambar. Contoh software semacam ini adalah Google Desktop, Google Gadgets, Microsoft Gadgets, dan Dashboard software Apple Widgets.

Penggunaan awal didokumentasikan dari istilah gadget dalam konteks software engineering pada tahun 1985 oleh para pengembang AmigaOS, sistem operasi dari komputer Amiga. Istilah ini melambangkan apa yang biasa disebut GUI widget-elemen kontrol pada GUI (Graphical User Interface). Penamaan ini tetap berlanjut untuk digunakan sejak saat itu.

Pengertian Gadget di Masa Kini

Gadget merupakan sebuah inovasi dari teknologi terbaru dengan kemampuan yang lebih baik dan fitur terbaru yang memiliki tujuan maupun fungsi lebih praktis dan juga lebih berguna.

Gadget adalah suatu alat elektronik berukuran kecil yang memiliki fungsi khusus. Seiring perkembangan zaman, teknologi telah maju sehingga banyak sekali aplikasi-aplikasi yang bisa di masukkan ke dalam Gadget guna mempermudah pekerjaan manusia agar menjadi lebih praktis. Bahkan saat ini Gadget sudah dapat di ibaratkan sebagai “Komputer Mini” yang bisa selalu ada dalam genggaman.

IPOD, IPhone, Tablet, Camera Digital, Smartphone bisa dikategorikan ke dalam gadget. Akan tetapi, ada yang berpendapat bahwa smartphone merupakan perangkat yang terdiri dari beberapa gadget sekaligus sebab satu alat bisa digunakan untuk banyak fungsi. Misal, smartphone bisa digunakan untuk mengirim pesan singkat, menelpon, mengambil gambar, merekam suara, membuat video, mengedit gambar, menulis, dan banyak lagi fungsi lainnya yang merupakan fungsi tambahan dari smartphone. Pada dasarnya, smartphone terdiri dari banyak gadget. Tapi, sebagian orang menyebut smartphone adalah satu gadget. So, apakah Anda setuju dengan pendapat tersebut?


Supaya Kamu bisa dapet materi lebih banyak, Admin cuman minta LIKE & SHARE website ini. Biar Admin tambah semangat gitu... :)

Written by Mr. Tom
Tahukah Anda, APA ITU GADGET?
Bahasan: Ulasan ini membahas tentang apa itu gadget , pengertian gadget, dan istilah yang berhubungan dengan gadget. Meskipun gadget adalah ba...
Published at August 13, 2015, Updated at August 13, 2015
Reviewed by Y. Surya on
Rating: 4.6

0 comments:

Post a Comment