Apa Pengertian, Manfaat, & Cara Kerja Oksidasi?

Posted by indogeek on October 19, 2014

Oksidasi akan terjadi apabila terjadi kontak antara unsur radikal bebas dan udara (oksigen dan air). Oksidasi disebabkan karena hilangnya satu minimal satu elektron dalam unsur.
Apa itu oksidasi dan contohnya? Warna hitam tulisan pada pisang tersebut disebabkan oleh Oksidasi
Warna hitam tulisan pada pisang tersebut disebabkan oleh Oksidasi
Tulisan ini akan menjawab pertanyaan:
Apa itu oksidasi?
Apa yang dimaksud dengan oksidasi?
Apa pengertian dari oksidasi?
Apa gunanya oksidasi?
Kapan akan terjadi oksidasi?

Sebuah apel baru dipotong akan berubah warna menjadi coklat, fender sepeda menjadi berkarat, dan uang logam kuno tiba-tiba berubah menjadi hijau. Apa semua peristiwa ini memiliki kesamaan? Yap, semua itu adalah contoh dari sebuah proses yang disebut dengan oksidasi.

Oksidasi didefinisikan sebagai interaksi kontak langsung antara molekul oksigen dan semua zat yang berbeda, dari benda tak hidup seperti logam hingga jaringan hidup seperti tumbuhan. Secara teknis, oksidasi lebih tepat didefinisikan sebagai hilangnya setidaknya satu elektron ketika dua atau lebih zat berinteraksi. Zat tersebut mungkin atau mungkin tidak termasuk oksigen. (Kebetulan, kebalikan dari oksidasi yaitu reduksi - penambahan setidaknya satu elektron ketika zat bersentuhan satu sama lain.) Di satu sisi oksidasi dapat bermanfaat, misalnya, oksidasi berguna untuk pembentukan aluminium yang tahan lama. Di sisi lain, oksidasi dapat merusak, seperti karat dari sebuah mobil atau rusaknya buah segar seperti apel.

Ketika yang dibelah akan mengalami oksidasi (pembusukan), akan tetapi belahan apel yang diolesi jus jeruk tidak mengalami pembusukan. Mengapa demikian?
Ketika yang dibelah akan mengalami oksidasi (pembusukan), akan tetapi belahan apel yang diolesi jus jeruk tidak mengalami pembusukan. Mengapa demikian?

Kita sering menggunakan kata-kata oksidasi dan karat secara bergantian, namun tidak semua bahan yang berinteraksi dengan molekul oksigen sebenarnya hancur menjadi karat. Dalam kasus besi, oksigen menciptakan proses pembakaran yang lambat, yang menghasilkan zat cokelat rapuh yang kemudian kita sebut karat. Ketika oksidasi terjadi pada tembaga, hasilnya adalah lapisan kehijauan yang disebut oksida tembaga. Logam itu sendiri tidak dilemahkan oleh oksidasi, namun permukaan mengembangkan patina setelah beberapa tahun terpapar udara dan air.

Ketika melibatkan oksigen, proses oksidasi tergantung pada jumlah oksigen yang ada di udara dan sifat dari bahan yang disentuhnya. Oksidasi yang benar terjadi pada tingkat molekuler - kita hanya melihat efek skala besar oksigen menyebabkan radikal bebas di permukaan untuk melepaskan diri. Dalam kasus buah segar, kulit biasanya menyediakan penghalang terhadap oksidasi. Inilah sebabnya mengapa sebagian besar buah dan sayuran tiba dalam kondisi baik di penjual buah. Tapi setelah kulitnya telah rusak, sel-sel dalam buah mengalami kontak langsung dengan udara dan molekul oksigen, kemudian mulai "membakar" mereka. Hasilnya adalah bentuk karat yang kita lihat sebagai bintik-bintik kecoklatan atau cacat pada buah.

Oksidasi juga dapat menjadi masalah bagi pemilik mobil ketika lapisan terluar cat terus-menerus terkena udara dan air. Jika lapisan luar mobil tidak dilindungi oleh lapisan lilin atau poliuretan, molekul oksigen di udara akhirnya akan mulai berinteraksi dengan cat. Oksigen akan "membakar" radikal bebas yang terkandung dalam cat, sehingga lapisan terluar menjadi kusam. Upaya perbaikannya yaitu dengan menghapus beberapa lapisan cat yang terkena karat dan mengoleskan lapisan pelindung yang baru. Inilah sebabnya mengapa detailer mobil profesional merekomendasikan setidaknya satu lapisan lilin atau pelindung lainnya digunakan setiap kali mobil dicuci.

Karat pada logam dan besi diakibatkan oleh proses oksidasi. Bagaimana mengatasinya?
Karat pada logam dan besi diakibatkan oleh proses oksidasi. Bagaimana mengatasinya?
Rahasia mencegah oksidasi yang disebabkan oleh oksigen adalah untuk memberikan lapisan perlindungan antara materi yang ada di tempat terbuka dan udara. Ini bisa berarti lilin atau poliuretan lapisan pada mobil, lapisan cat pada benda logam atau semprotan cepat anti-oksidan, seperti jus lemon, atau buah yang sudah dikupas. Oksidasi yang merusak tidak akan terjadi jika oksigen tidak dapat berinteraksi langsung dengan bahan yang mengandung radikal bebas.

Inilah sebabnya mengapa stainless steel tidak berkarat dan baja biasa berkarat. Stainless steel memiliki lapisan tipis logam lain yang tidak mengandung radikal bebas. Baja biasa dapat dicat untuk perlindungan terhadap oksidasi, namun oksigen masih dapat memanfaatkan area terbuka, tidak peduli seberapa kecil. Inilah sebabnya mengapa Anda mungkin menemukan sepeda logam tetap berkarat walaupun sudah dicat.


Supaya Kamu bisa dapet materi lebih banyak, Admin cuman minta LIKE & SHARE website ini. Biar Admin tambah semangat gitu... :)

Written by Mr. Tom
Apa Pengertian, Manfaat, & Cara Kerja Oksidasi?
Bahasan: Oksidasi akan terjadi apabila terjadi kontak antara unsur radikal bebas dan udara (oksigen dan air). Oksidasi disebabkan karena hilangny...
Published at October 19, 2014, Updated at October 19, 2014
Reviewed by Y. Surya on
Rating: 4.6

0 comments:

Post a Comment