Apa Pengertian & Bagaimana Cara Kerja Gravitasi?

Posted by indogeek on October 15, 2014

Gravitasi adalah gaya tarik-menarik antara semua benda yang memiliki massa. Akan tetapi, hanya benda dengan massa yang sangat besar yang akan mempengaruhi apa saja yang ada di dekatnya.
Apa itu gravitasi dan dampaknya - Gaya gravitasi bumi dan bulan
Gaya Gravitasi antara Bumi dan Bulan
Tulisan ini akan menjawab pertanyaan:
Apa itu gravitasi?
Apa pengertian gravitasi?
Apa yang dimaksud dengan gravitasi?
Mengapa bisa terjadi gravitasi?
Apa contoh gravitasi?

Gravitasi adalah gaya tarik-menarik antara semua benda yang memiliki massa. Meskipun gravitasi berlaku untuk segala sesuatu yang memiliki massa, hanya benda dengan massa yang sangat besar yang akan mempengaruhi apa saja yang ada di dekatnya. Sebuah medan gravitasi adalah area di sekitar benda yang menghasilkan tarikan gravitasi. Hal ini dapat didefinisikan sebagai gaya gravitasi yang dirasakan oleh benda yang ditempatkan di suatu titik dalam ruang.

Gravitasi memiliki tiga efek yang sangat penting. Pertama, gravitasi membuat segala sesuatu tertarik atau jatuh ke benda yang memiliki gravitasi tersebut. Di Bumi, percepatan gravitasi adalah 9,8 meter per detik kuadrat. Itu berarti bahwa tidak peduli apa yang jatuh ke arah Bumi, ia akan melakukannya dengan percepatan yang sama, kecuali hambatan udara diperhitungkan.

Kedua, gravitasi menyebabkan adanya gaya berat pada setiap benda. Berat adalah gaya gravitasi untuk menarik sesuatu ke arah Bumi. Massa dan berat merupakan hal yang berbeda. Massa digunakan untuk menentukan berat sesuatu. Massa suatu benda selalu sama, namun bobotnya bisa berubah berdasarkan kekuatan medan gravitasi. Sebagai contoh, massa suatu benda akan sama di bulan seperti itu di bumi, tetapi beratnya akan berbeda karena gaya gravitasi di bumi dan bulan berbeda.

Yang terakhir, gravitasi menjaga semua benda di tata surya agar tetap dalam orbitnya. Orbit disebabkan oleh keseimbangan gerak maju objek dan gaya gravitasi yang menariknya ke dalam. Sebagai contoh, orbit bumi mengelilingi matahari adalah karena gerak maju dari Bumi dan tarikan gravitasi matahari di atasnya. Hal yang sama terjadi dengan bulan mengelilingi bumi.

Buah-buah jatuh ke tanah karena adanya gaya gravitasi Bumi
Buah-buahan jatuh ke tanah karena adanya gaya gravitasi Bumi
Semakin dekat satu objek dengan objek lainnya, semakin kuat medan gravitasi. Di Tata Surya, planet-planet yang lebih dekat ke Matahari memiliki kekuatan yang jauh lebih kuat dari daya tarik yang bekerja pada planet tersebut. Untuk mengatasi tarikan kuat tersebut, planet tersebut harus bergerak mengelilingi Matahari jauh lebih cepat daripada planet yang lebih jauh dari Matahari. Kekuatan medan gravitasi akan semakin lemah jika jaraknya semakin jauh.

Ukuran gaya gravitasi mengikuti hubungan kuadrat terbalik. Jika gravitasi dari sebuah objek diukur, dan kemudian dipindahkan dua kali lebih jauh dari objek besar menyebabkan medan gravitasi, gaya gravitasi akan berkurang empat kali dibanding gaya gravitasi sebelumnya. Jika dipindahkan tiga kali lebih jauh, gaya gravitasi akan berkurang sembilan kali gaya sebelumnya. Begitu pula sebaliknya, jika jarah diperdekat, maka gaya gravitasi akan meningkat sebanyak seper kuadrat kali jarak sebelumnya.


Supaya Kamu bisa dapet materi lebih banyak, Admin cuman minta LIKE & SHARE website ini. Biar Admin tambah semangat gitu... :)

Written by Mr. Tom
Apa Pengertian & Bagaimana Cara Kerja Gravitasi?
Bahasan: Gravitasi adalah gaya tarik-menarik antara semua benda yang memiliki massa. Akan tetapi, hanya benda dengan massa yang sangat besar yang a...
Published at October 15, 2014, Updated at October 15, 2014
Reviewed by Y. Surya on
Rating: 4.6

0 comments:

Post a Comment