Energi & Metabolisme dalam Tubuh Manusia

Posted by indogeek on January 09, 2015

Metabolisme terdiri dari Anabolisme dan Katabolisme. Sedangkan energi terdiri dari 6 jenis : Energi Kimia, Energi mekanik, Energi panas, Energi cahaya, Energi elektrik, dan Energi inti.
Manusia makan untuk mendapatkan energi, mengubah energi kimia menjadi energi kinetik, panas, dan yang lainnya
Manusia makan untuk mendapatkan energi, mengubah energi kimia menjadi energi kinetik, panas, dan yang lainnya

Tulisan ini menjawab pertanyaan:
Apa itu metabolisme?
Apa yang dimaksud dengan metabolisme?
Dari mana energi dalam tubuh kita?
Untuk apa kita makan?
Apa perbedaan anabolisme dan katabolisme?

Pada dasarnya semua energi berasal dari matahari, dimana energi dari matahari diubah menjadi energi kimia oleh tumbuhan hijau. Sumber energi di dalam tubuh manusia berasal dari karbohidrat, lemak, dan protein. Jika kita makan dan minum, maka tujuan yang terpenting dari makan dan minum adalah untuk pertumbuhan, mengisi sumber energi, dan mengganti sel yang rusak, tentu fungsi lain makan adalah untuk menghilangkan lapar. Sumber energi ini dipakai oleh sel terkecil dalam tubuh kita untuk membentuk sejumlah besar ATP, kemudian ATP tersebut akan dipakai kembali sebagai sumber energi untuk berbagai fungsi di dalam sel.

Tubuh kita memerlukan energi untuk proses fisiologis yang berlangsung dalam sel tubuh. Proses fisiologis yaitu meliputi kontraksi otot, produksi panas untuk mempertahankan suhu tubuh, pembentukan dan penghantaran impuls syaraf, sekresi pada kelenjar, mekanisme transport aktif, dan berbagai reaksi sintesis dan degradasi lainnya. Energi terdiri dari 6 jenis / bentuk : Energi Kimia, Energi mekanik, Energi panas, Energi cahaya, Energi elektrik, dan Energi inti. Masing-masing energi dapat diubah kedalam bentuk energi yang lain.

Sebagai contoh saat kita beraktivitas atau melakukan latihan olahraga, maka akan terjadi perubahan energi dalam tubuh kita dari bentuk energi kimia menjadi energi mekanik. Oleh karena itu, dalam latihan olahraga kita harus mengetahui persediaan energi kimia dalam tubuh kita. Sehingga kita mengetahui kapan energi kimia tersebut diperlukan, bagaimana proses penyediaanya, dan dimana energi kimia tersebut berasal dan disimpan. Semua pengetahuan tersebut berkaitan dengan sistem metabolisme energi dalam tubuh.

Apa itu Metabolisme?

Secara bahasa metabolisme berarti perubahan. Secara istilah, metabolisme adalah semua reaksi kimia yang terjadi di dalam organisme termasuk yang terjadi dalam sel. Metabolisme adalah upaya pembentukan energi dalam tingkat selular agar sel dalam bertahan hidup. Metabolisme dapat dibagi menjadi 2 katagori, yaitu anabolisme dan katabolisme.
Perbedaan anabolisme dan katabolisme, anabolisme menyerap energi untuk membentuk molekul, sedangkan katabolisme mengurai moleku untuk mendapatkan energi.
Perbedaan anabolisme dan katabolisme, anabolisme menyerap energi untuk membentuk molekul, sedangkan katabolisme mengurai moleku untuk mendapatkan energi.

Perbedaan Anabolisme dan Katabolisme

Anabolisme adalah proses sistesis molekul kompleks dari molekul sederhana, sedangkan katabolisme adalah pemecahan atau penguraian molekul komplek besar menjadi molekul sederhana yang lebih kecil. Anabolisme membutuhkan energi untuk membentuk molekul kompleks, sedangkan katabolisme melepaskan energi ketika mengurai molekul kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana. Reaksi Anabolisme dan katabolisme berlangsung dalam sel tubuh secara bersamaan dan terjadi terus-menerus.

Reaksi anabolik membutuhkan energi dalam bentuk ATP dan menghasilkan pembentukan bahan yang diperlukan sel, seperti protein struktural sel atau produk sekretorik. Selain itu, reaksi anabolik juga akan menghasilkan cadangan makanan atau simpanan seperti lemak (glikogen). Sedangkan reaksi katabolik yaitu reaksi kebalikan dari reaksi anabolik. Reaksi anabolik akan menguraikan glikogen (lemak) menjadi glukosa dan dalam proses oksidasi akan menghasilkan energi dalam bentuk ATP.


Supaya Kamu bisa dapet materi lebih banyak, Admin cuman minta LIKE & SHARE website ini. Biar Admin tambah semangat gitu... :)

Written by Mr. Tom
Energi & Metabolisme dalam Tubuh Manusia
Bahasan: Metabolisme terdiri dari Anabolisme dan Katabolisme. Sedangkan energi terdiri dari 6 jenis : Energi Kimia , Energi mekanik , Energi panas ...
Published at January 09, 2015, Updated at January 09, 2015
Reviewed by Y. Surya on
Rating: 4.6

0 comments:

Post a Comment