Apa Pengertian & Bagaimana Cara Mengukur Suhu?

Posted by indogeek on December 11, 2014

Suhu adalah ukuran derajat panas suatu benda. Benda yang panas memiliki suhu yang tinggi, sedangkan benda yang dingin memiliki suhu yang rendah.
apa itu pengertian suhu termometrik adalah Api dan matari mempunyai suhu yang tinggi (panas), es campur dan eskrim memiliki suhu yang rendah (dingin)
Api dan matari mempunyai suhu yang tinggi (panas), es campur dan eskrim memiliki suhu yang rendah (dingin)
Tulisan ini menjawab pertanyaan:
Apa itu suhu?
Apa itu termometrik?
Apa saja pengaruh suhu?
Apa pengertian dari suhu dan termometrik?
Apa yang dimaksud dengan suhu?

Suhu adalah ukuran derajat panas suatu benda. Benda yang panas memiliki suhu yang tinggi, sedangkan benda yang dingin memiliki suhu yang rendah. Sifat yang diukur untuk menyatakan suhu dinamakan sifat termometrik. Sifat termometrik zat ialah sifat-sifat zat yang dapat berubah jika suhunya berubah. Suhu diukur dengan alat yang dinamakan termometer.

Beberapa sifat sifat termometrik zat yang umum terjadi yaitu:
  1. Volume zat berubah jika suhunya berubah
  2. Panjang zat berubah jika suhunya berubah
  3. Hambatan listrik berubah jika suhunya berubah
  4. Tekanan gas pada volume tetap akan berubah jika suhunya berubah
Botol air dalam kulkas yang ditutup rapat akan menyusut kempes atau penyok ketika sudah dingin. Kenapa? Karena volume air dan volume udara dalam botol semakin menyusut lantaran suhunya turun atau semakin dingin. Sehingga, cairan akan memiliki volume lebih rendah jika suhunya rendah. Tips, jika ingin mendapatkan banyak bensin ketika mengisi di pom bensin, belilah bensin di pagi hari. Sebab, bensin di pagi hari sedang menyusut dan volumenya lebih kecil karena suhu udara masih dingin. Benarkah demikian? Apakah di dalam tangki bensin kalau pagi hari lebih dingin daripada siang hari?

Besi jika dipanaskan akan memuai dan akan bertambah panjang. Hal ini diterapkan pada rel kereta api. Ketika pertama kali rel kereta api dipasang, maka sambungannya akan dibuat renggang agar ada tempat ketika suhu rel menjadi panas.

Dalam dunia kelistrikan, logam yang memilik suhu lebih panas akan lebih mudah dalam mengantarkan aliran listrik. Pada dasarnya listrik dapat dialirkan oleh logam karena adanya elektron valensi pada logam yang mudah bergerak. Ketika logam dipanaskan, maka gerakan elektron valensi akan lebih cepat dan dengan otomatis gerakan elektron juga akan semakin mudah.

Gerakan mesin uap memanfaatkan tekanan udara pada suhu tinggi (panas)
Gerakan mesin uap memanfaatkan tekanan udara pada suhu tinggi (panas)
Mesin uap adalah mesih yang memanfaatkan udara panas untuk menggerakkan mesin. Dalam mesin uap ada proses pemanasan dan proses pendinginan. Proses pemanasan dilakukan dengan membakar sesuatu sehingga udara dalam mesin menjadi panas dan menekan mesin, ketika udara panas sedang menggerakkan mesin, maka udara panas tersebut didinginkan kembali sehingga udara kembali menyusut dan mesin kembali ke tempat semula. Demikian seterusnya sehingga mestin tersebut dapat digunakan untuk menggerakkan berbagai macam peralatan.


Supaya Kamu bisa dapet materi lebih banyak, Admin cuman minta LIKE & SHARE website ini. Biar Admin tambah semangat gitu... :)

Written by Mr. Tom
Apa Pengertian & Bagaimana Cara Mengukur Suhu?
Bahasan: Suhu adalah ukuran derajat panas suatu benda. Benda yang panas memiliki suhu yang tinggi, sedangkan benda yang dingin memiliki suhu yang r...
Published at December 11, 2014, Updated at December 11, 2014
Reviewed by Y. Surya on
Rating: 4.6

0 comments:

Post a Comment