Apa Pengertian, Manfaat, & Cara Mengukur Desibel?

Posted by indogeek on December 01, 2014

Desibel merupakan skala logaritmik yang mengacu pada satu unit pada skala desibel. Desibel berarti sepersepuluh dari satuan bel.
apa itu pengertian desibel adalah Orang berbisik memiliki lebih kecil atau sekitar 20dB
Orang berbisik memiliki lebih kecil atau sekitar 20dB
Tulisan ini akan menjawab pertanyaan:
Apa itu desibel?
Apa pengertian desibel?
Apa yang dimaksud dengan desibel?
Bagaimana cara mengukur desibel?
Apa manfaat dari desibel?

Desibel merupakan skala logaritmik yang mengacu pada satu unit pada skala desibel. Desibel berarti sepersepuluh dari bel. Satuan 'bel' sendiri diambil dari penemu bernama Alexander Graham Bell, satuan ini digunakan untuk membandingkan kekuatan dalam komunikasi listrik, tegangan, atau intensitas suara. Singkatan dari bel adalah B dan desibel adalah dB.

10 dB = 1 B

Skala desibel umumnya digunakan untuk menguji kemampuan mendengar yang didasarkan pada level tekanan suara (sound-pressure level, SPL), atau lebih umum dikenal dengan istilah tingkat kenyaringan suara. Asosiasi Keselamatan dan Kesehatan (OSHA) telah menetapkan batas maksimal tingkat kenyaringan suara yang dapat didengar oleh seseorang. Tingkat SPL yang direkomendasikan oleh OSHA adalah 85 desibel, jika tingkat kenyaringannya melebihi angka tersebut, maka kita harus menggunakan pelindung telinga agar telinga kita tidak tidak rusak.

Delapan puluh lima desibel adalah ambang batas agar suara yang didengar telinga tidak menyebabkan ketulian. Akan tetapi kebanyakan orang tidak menyadari bahwa jika suara atau kebisingan yang melebihi angka tersebut akan menyebabkan kerusakan pada telinga. Tabel di bawah ini menjelaskan kepada kita bahwa banyak sekali suara atau kebisingan yang telah melebih batas maksimal 85 desibel yang ada di sekitar kita. Angka-angka ini hanya perkiraan, sebab tentu nantinya akan disesuaikan dengan jarak dan kondisi lingkungan.

Level suara dalam desibel dari suara orang berbisik hingga suara pesawat
Desibel Sumber 
0       batas terendah pendengaran
10      suara daun terkena angin; bisikan paling pelan
20      berbisik
20-50   pembicaraan biasa
40-45   percakapan di keramaian 
50      suara air terjun
50-65   percakapan setengah teriak
65-70   suara pengering rambut
65-90   suara kereta 
75-80   suara pabrik (menengah) 
90      suara mesin pemotong kayu / rumput
90-100  guntur
100     suara gergaji 
110     berteriak; konser simfoni
115     konser musik rock
120     sirene ambulans 
130     teriakan kesakitan
140     suara pesawat lepas landas
140-190 suara roket lepas landas
170     suara senapan

Alat pengukur tekanan suara, pengukur level suara, atau sound meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur SPL, intensitas suara pada waktu tertentu. Alat tersebut tersebut menggunakan skala pembobotan frekuensi yang menjelaskan perbedaan dalam sensitivitas manusia pada frekuensi yang berbeda. Misalkan, yang paling digunakan yaitu berdasarkan skala. Skala A, skala desibel disingkat dBA atau dB (A), dan skala C, skala desibel disingkat dBC atau dB (C). Respon alat-alat tersebut juga dapat diatur apakah mau diperlambat atau dipercepat. Pengujian dilakukan oleh OSHA yaitu ketika suara sudah melebihi batas maksimal, maka rekomendasi untuk cara mengukurnya adalah dengan pengukuran model skala A yang diset slow respon.

Alat pengukur kekuatan suara dari yang analog, digital, atau yang ada dalam aplikasi smartphone
Alat pengukur kekuatan suara dari yang analog, digital, atau yang ada dalam aplikasi smartphone
Dosimeter adalah alat yang mirip dengan alat pengukur suara, tetapi alat ini dapat digunakan untuk mencatat, menyimpan, dan menghitung hasil pengukuran suara pada durasi waktu tertentu sehingga bisa dihitung rata-rata tingkatan suaranya. Dosimeter biasaya digunakan untuk pemantauan kebisingan personal, sementara alat pengukur tingkat suara (sound meter level) digunakan untuk pemantauan kebisingan dalam suatu wilayah tertentu. Karena dosimeter digunakan untuk waktu yang lebih lama dan untuk melacak suara satu orang, maka pada alat ini terdapat mikrofon yang berfungsi untuk pengambilan suara.


Supaya Kamu bisa dapet materi lebih banyak, Admin cuman minta LIKE & SHARE website ini. Biar Admin tambah semangat gitu... :)

Written by Mr. Tom
Apa Pengertian, Manfaat, & Cara Mengukur Desibel?
Bahasan: Desibel merupakan skala logaritmik yang mengacu pada satu unit pada skala desibel. Desibel berarti sepersepuluh dari satuan bel. Oran...
Published at December 01, 2014, Updated at December 01, 2014
Reviewed by Y. Surya on
Rating: 4.6

0 comments:

Post a Comment