Apa Pengertian & Cara Kerja Pembelahan Biner?

Posted by indogeek on October 28, 2014

Pembelahan biner adalah cara reproduksi aseksual yang dilakukan oleh semua organisme prokariotik dan beberapa organisme eukariotik, termasuk jamur.
Bakteri batang sedang melakukan pembelahan biner
Bakteri batang sedang melakukan pembelahan biner
Tulisan ini akan menjawab pertanyaan:
Apa itu pembelahan biner (binary fission)?
Apa pengertian dari pembelahan biner?
Apa yang dimaksud dengan pembelahan biner?
Apa saja contoh organisme yang melakukan pembelahan biner?
Bagaimana proses pembelahan biner?

Pembelahan biner (pembelahan menjadi dua, penggandaan) merupakan cara reproduksi aseksual yang dilakukan oleh semua organisme prokariotik dan beberapa organisme eukariotik, termasuk jamur. Selain untuk menggandakan diri, proses ini juga terjadi pada sel-sel dari organisme eukariotik oleh beberapa organel. Dalam proses  penggandaan ini, dua sel anak yang dihasilkan sama persis dengan sel induk tunggal yang menghasilkannya. Bakteri Escherichia Coli telah dimanfaatkan secara luas oleh para peneliti untuk mempelajari pembelahan biner ini, sebab fenomena dan prosesnya mudah diamati dan didokumentasi, serta bakteri jenis ini banyak sekali dan mudah didapatkan.

Dalam pembelahan biner, sel dimulai dengan menduplikasi DNA untuk membuat dua set DNA yang lengkap, kemudian sel mengembang menjadi sel yang ukurannya jauh lebih besar dari sebelumnya. Selama sel membesar, kedua set DNA pindah ke ujung-ujung sel yang berlawanan. Setelah ukuran sel menjadi dua kali lipat dari sebelumnya, maka sel tersebut akan terbagi menjadi dua sel anak dengan DNA yang identik. Proses ini akan terjadi manakala organisme berada dalam kondisi lingkungan yang stabil.

apa itu pengertian pembelahan biner adalah Proses pembelahan biner pada organisme bersel tunggal
Proses pembelahan biner pada organisme bersel tunggal
Selain proses reproduksi dengan pembelahan biner, banyak prokariota yang juga dapat bereproduksi secara seksual. Reproduksi seksual merupakan hal penting, sebab resproduksi seksual memberikan kontribusi terhadap keragaman genetik dengan memadukan gen dari berbagai individu. Pembelahan biner yang terus-menerus akan mengurangi keragaman genetik sebab gen yang dihasilkan selalu identik dengan induknya. Hal ini bisa menyebabkan spesies tersebut rentan terhadap kepunahan, sebab seluruh individu akan mempunyai kekuatan dan kelemahan yang sama. Reproduksi seksual akan membuat keragaman dan menjaga spesies yang beragam.

Hal yang juga penting dalam pembelahan biner adalah timing, karena organisme harus melakukannya pada saat yang tepat. Proses penentuan timing ini diatur oleh cincin septum, cincin protein yang membentuk sekitar pertengahan sel, yang mendorong untuk dibagi secara merata tanpa merusak DNA atau dinding sel. Kesalahan dalam proses pembelahan akan berpengaruh pada pembentukan sel anak dengan DNA lengkap atau salinan tambahan dari gen tertentu. Oleh sebab itu, cincin septum dirancang untuk mencegah kesalahan tersebut.

Dalam sel-sel organisme eukariotik, organel seperti mitokondria dapat direproduksi dengan metode ini. Pembelahan biner dalam sel biasanya terjadi ketika sel dalam proses replikasi dan membagi sebagai bagian dari siklus sel. Kesalahan yang terjadi selama proses ini akan menyebabkan masalah dengan sel anak yang dihasilkan. Kesalahan ini dapat menyebabkan kematian sel karena sel baru tidak bisa bertahan hidup sendiri, atau kesalahan saat pembelahan dapat menyebabkan kondisi seperti kanker, yaitu pertumbuhan sel yang tidak semestinya.


Supaya Kamu bisa dapet materi lebih banyak, Admin cuman minta LIKE & SHARE website ini. Biar Admin tambah semangat gitu... :)

Written by Mr. Tom
Apa Pengertian & Cara Kerja Pembelahan Biner?
Bahasan: Pembelahan biner adalah cara reproduksi aseksual yang dilakukan oleh semua organisme prokariotik dan beberapa organisme eukariotik, termas...
Published at October 28, 2014, Updated at October 28, 2014
Reviewed by Y. Surya on
Rating: 4.6

0 comments:

Post a Comment