Apa Pengertian & Manfaat dari Bakteri?

Posted by indogeek on October 12, 2014

Bakteri adalah kelompok terbesar organisme bersel tunggal di Bumi. Ada banyak sekali jenis bakteri di planet ini, tapi sebagian besar bakteri belum diklasifikasikan.
Apa itu pengertian bakteri adalah, ada di mana, dan berapa jumlahnya? Contoh bakteri dengan ukuran yang diperbesar
Contoh bakteri dengan ukuran yang diperbesar
Tulisan ini akan menjawab pertanyaan:
Apa itu bakteri?
Apa yang dimaksud dengan bakteri?
Apa pengertian bakteri dan berapa jumlahnya?
Ada dimana bakteri itu?

Bakteri adalah kelompok terbesar organisme bersel tunggal di Bumi, dan membuat sebagian besar dari biomassa dikenal di dunia. Ada banyak sekali jenis bakteri di planet ini, dengan mayoritas belum diklasifikasikan. Beberapa yang pernah dianggap bakteri, sejak tahun 1990-an, sekarang dianggap sebagai bagian dari domain yang terpisah, yaitu archaea.

Berbagai jenis bakteri dapat memiliki karakteristik yang berbeda-beda, dengan ciri umum utama adalah perbedaan pada inti selnya. Filum yang berbeda umumnya digolongkan menjadi dua kelompok yang berbeda baik sebagai memiliki membran luar atau yang tidak memiliki membran luar, dengan jumlah filum yang belum ditentukan. Beberapa bakteri sangat kecil. Seperti di genus Mycoplasma, ukurannya lebih kecil dari virus yang paling besar yaitu sekitar 0,3 mikrometer. Selain itu, bakteri lainnya berukuran besar seperti Epulopiscium fishelsoni, yang sebenarnya dapat terlihat dengan mata telanjang, meskipun masih sangat kecil sekitar 0,5 milimeter (0.019 inci) panjangnya.

gambar Contoh struktur sel bakteri
Contoh struktur sel bakteri

Berdasarkan bentuknya, bakteri dibagi dua, basil dan kokus. Kokus adalah bakteri berbentuk bulat, sedangkan basil yang berbentuk seperti batang. Kelompok yang ketiga yang lebih kecil, terdiri dari bakteri yang terbentuk di formasi spiral, yang dikenal sebagai spirilla. Selain kelompok-kelompok utama, ada beberapa variasi lain seperti yang terlihat seperti koma, daun tanaman, atau tangga bahkan tangga yang berpilin memanjang. Berbagai jenis bakteri dikelompokkan dengan cara yang berbeda, kelompok yang paling besar adalah bakteri yang dikelompokkan berdasarkan bentuknya.

Misalnya Basil, dapat tunggal atau dihubungkan bersama dalam rantai. Bacillus berarti tunggal, agak bulat, bakteri berbentuk batang. Coccobacillus juga tunggal, bentuknya menyerupai bentuk oval. Diplobacteria tampak seperti dua Bacillus terhubung ujung ke ujung. Streptobacteria adalah rantai panjang basil, ujung ke ujung. Ada banyak jenis yang memiliki sedikit variasi pada pembentukan basil dasar ini.

Coccus juga sama, tapi memiliki konfigurasi yang berbeda. Coccus sendiri terlihat seperti lingkaran tunggal, sementara diplococci tampak seperti dua Coccus yang berdempet. Streptococcus, bakteri yang bertanggung jawab untuk Strep di tenggorokan, tampak seperti rantai panjang kokus bersama-sama, sementara Staphylococcus, bakteri yang bertanggung jawab untuk infeksi Staph, tampak seperti tandan buah anggur.

Di antara banyak jenis bakteri, hanya sedikit yang berbahaya bagi manusia. Mayoritas relatif tidak berbahaya, tapi sebagian lagi juga bermanfaat bagi manusia. Misalnya bakteri yang tinggal di saluran pencernaan yang membantu untuk mencerna makanan. Adapula bakteri yang hidup di kulit dan melawan jamur yang berbahaya. Bakteri lainnya lagi ada yang tinggal di sekitar selaput lendir, menjaga selaput dari bahaya. Bahkan, tubuh manusia rata-rata mengandung sekitar sepuluh kali lebih banyak sel bakteri daripada sel manusia yang sebenarnya, yang sebagian besar bakteri tersebut sangat bermanfaat untuk tubuh.

Beberapa jenis bakteri berbahaya bagi manusia. Paling terkenal ini mungkin Staphylococcus dan Streptococcus. Ada pula Campylobacter, yang merupakan penyebab utama keracunan makanan di antara manusia. Kemudian bakteri yang sejarah yang terkenal adalah Yersinia pestis, bakteri yang ditemukan dalam kutu yang mentransmisikan wabah pes dengan manusia.


Supaya Kamu bisa dapet materi lebih banyak, Admin cuman minta LIKE & SHARE website ini. Biar Admin tambah semangat gitu... :)

Written by Mr. Tom
Apa Pengertian & Manfaat dari Bakteri?
Bahasan: Bakteri adalah kelompok terbesar organisme bersel tunggal di Bumi. Ada banyak sekali jenis bakteri di planet ini, tapi sebagian besar bakt...
Published at October 12, 2014, Updated at October 12, 2014
Reviewed by Y. Surya on
Rating: 4.6

0 comments:

Post a Comment