Apa Pengertian & Fakta Lubang Hitam (Black Hole)?

Posted by indogeek on October 12, 2014

Black Hole (lubang hitam) adalah sebuah konsep astronomi yang menggambarkan suatu area atau ruang yang memiliki tarikan gravitasi yang sangat kuat sehingga akan menarik segala sesuatu - bahkan cahaya- akan tersedot ke dalamnya.
apa itu pengertian black hole lubang hitam adalah
Lubang hitam terbentuk dari bintang yang sudah mati
Tulisan ini akan menjawab pertanyaan :
Apa itu Lubang Hitam (black hole)?
Apa yang dimaksud dengan Lubang Hitam (black hole)?
Apa pengertian dari Lubang Hitam (black hole)?
Kapan dan Dimana Lubang Hitam itu Berada?

Black Hole (lubang hitam) adalah sebuah konsep astronomi yang menggambarkan suatu area atau ruang yang memiliki tarikan gravitasi yang sangat kuat sehingga akan menarik segala sesuatu - bahkan cahaya- akan tersedot ke dalamnya. Masih terjadi perdebatan antara ilmuan tentang eksistensi Black Hole ini. Beberapa menyatakan bahwa fenome Black Hole hanya penjelasan yang diciptakan untuk sebuah fenomena yang tidak dapat dinyatakan atau dirasionalisasikan, yaitu hilangnya materi atau benda dalam ruang. Tidak jelas persis bagaimana lubang ini terbentuk, tetapi kebanyakan ahli percaya bahwa lubang ini terjadi akibat kematian bintang (seperti Matahari) sehingga sulit untuk mendokumentasikannya. Peneliti biasanya hanya mampu mengidentifikasi lubang ini dengan mengukur medan gaya dan output energi. Tidak seperti kebanyakan bintang dan entitas kosmik lainnya karena Black Hole tak terlihat dengan mata.

Formasi 

Lubang ini biasanya dikenal dengan massanya yang sangat besar, sehingga memberikan tarikan gravitasi yang sangat besar (ingat bahwa massa mempengaruhi daya tarik suaru benda). Kebanyakan astronom percaya bahwa Black Hole ini terbentuk lebih dari ratusan dan ribuan tahun setelah bintang mati. Ketika bintang terbakar, energinya akan meledak ke lapisan kosmos atau dikompresi dan memadat ke ruang yang sangat kecil. Sehingga, ini fenomena ini dipercaya oleh peneliti sebagai awal dari kehidupan.

Ada banyak bintang di angkasa, dan beberapa dari bintang tersebut terlihat berbeda dari bintang-bintang lainnya. Sebaigian besar dari bintang-bintang tersebut adalah bola api penuh energi. Matahari adalah bintang terdekat dengan Bumi, dan merupakan salah satu dari bintang yang paling banyak diketahui oleh masyarakat. Akan tetapi, Matahari adalah satu dari sekian juta atau triliun bintang yang ada di dunia (angkasa). Bahkan para ilmuwan mengira bahwa Matahari tidak cukup besar sehingga menyebabkan Black Hole andaikata Matahari sudah tiba kematiannya. Berdasarkan data-data yang dihimpun, butuh sepuluh kali lipat dari besarnya Matahari untuk membuat Black Hole ketika bintang tersebut mati.

Matahari berpotensi untuk menjadi lubang hitam ketika tiba masa kematiannya
Matahari berpotensi untuk menjadi lubang hitam ketika tiba masa kematiannya

Bagaimana Cara Mengidentifikasi Lubang Hitam (Black Hole)?

Meskipun para ilmuwan belum dapat memastikannya, ketika mereka menemukan area di ruang di mana sejumlah besar massa yang terkandung dalam volume kecil dan daerah gelap, kemungkinan ada lubang hitam di dekatnya. Perhitungan ini masih dibuat secara matematis, dan belum melalui pengamatan langsung.Tidak semua pengamatan bisa dilihat secara langsung, tapi sebagian pengamatan dilakukan dengan dikira-kira berdasarkan perhitungan yang benar. Belum ada orang atau kapal buatan manusia atau benda yang pernah dilaporkan telah masuk atau menemukan salah satu Black Hole ini secara langsung. Satu-satunya bukti  bahwa Black Hole itu adalah dengan beberapa perhitungan dan derivasi rumusan astronom. Black Hole ini diyakini ada di pinggiran galaksi, sangat jauh dari Bumi dan planet-planet lain di tata surya yang kita ketahui.

Pertimbangan Gravitasi

Kehampaan atau kekosongan biasanya ditandai pertama dan terutama oleh tarikan gravitasi Black Hole. Umumnya hal ini diyakini bahwa tidak ada yang bisa melarikan diri dari tarikan Black Hole, bahkan cahaya juga akan tertarik ke dalamnya; pada kenyataannya, kurangnya cahaya adalah salah satu tandanya. Gaya gravitasi akan menyebabkan daerah tersebut tetap gelap pekat.

Para ilmuwan berpikir bahwa tarikan gravitasi akan dipancarkan ke segala arah. Meskipun belum dibuktikan dengan pasti, setiap benda yang mendekat dengan Black Hole akan tertarik ke dalam Black Hole (seperti paku yang tertarik oleh magnet). Awalnya seperti orbit bumi terhadap matahari, awalnya jauh, akan tetapi semakin lama akan semakin mendekat dan akhirnya jaruh ke Matahari (yang sudah menjadi Black Hole), seperti itulah contohnya. Para peneliti juga memiliki sejumlah teori tentang bagaimana waktu dikonseptualisasikan dalam ruang ini, dan sering berpikir bahwa detik dan menit akan berhenti. Konsep waktu akan sirna sebab konsep waktu berpatokan pada bulan atau matahari yang kini sudah terserap oleh Black Hole.

Kontroversi Ilmiah 

Ada atau tidaknya Black Hole ini masih menjadi kontroversi dan misteri secara ilmiah. Hal ini disebabkan karena belum adanya cukup bukti ilmiah dan nyata tentang Black Hole. Dan ada banyak yang masih belum diketahui tentang bagaimana dan mengapa Black Hole ini terbentuk. Kebanyakan peneliti yang telah menghabiskan waktu mempelajari kosmos mengakui bahwa memang banyak yang masih belum diketahui tentang Black Hole ini. Ada dukungan yang signifikan bagi teori kehampaan ruang gravitasi, tapi itu semua masih didasarkan pada tebakan terhadap angka-angka hasil perhitungan dan grafik-grafik yang ada.


Supaya Kamu bisa dapet materi lebih banyak, Admin cuman minta LIKE & SHARE website ini. Biar Admin tambah semangat gitu... :)

Written by Mr. Tom
Apa Pengertian & Fakta Lubang Hitam (Black Hole)?
Bahasan: Black Hole (lubang hitam) adalah sebuah konsep astronomi yang menggambarkan suatu area atau ruang yang memiliki tarikan gravitasi yang sa...
Published at October 12, 2014, Updated at October 12, 2014
Reviewed by Y. Surya on
Rating: 4.6

0 comments:

Post a Comment